ATI INAYATI, 126204212088 (2025) PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATERI BARISAN GEOMETRI SISWA KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Generative Learning Berbantuan E-LKPD Berbasis Liveworksheets terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Materi Barisan Geometri Siswa Kelas X SMAN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Ati Inayati, NIM. 126204212088, dengan pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Model Generative Learning, E-LKPD, Liveworksheets, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya efektivitas dalam pembelajaran matematika di kelas akibat penyalahgunaan smartphone oleh siswa, sehingga berdampak pada kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan model generative learning berbantuan E-LKPD berbasis liveworksheets. Generative Learning menekankan pada pengintegrasian secara aktif antara pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Pendekatan ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model generative learning berbantuan E-LKPD berbasis liveworksheets terhadap kemampuan pemecahan masalah materi barisan geometri siswa kelas X SMAN 1 Kalidawir 2) untuk mengetahui pengaruh model generative learning berbantuan E-LKPD berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar materi barisan geometri siswa kelas X SMAN 1 Kalidawir 3) untuk mengetahui pengaruh model generative learning berbantuan E-LKPD berbasis liveworksheets terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar materi barisan geometri siswa kelas X SMAN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian post test only control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 (kelas eksperimen) dan X-3 (kelas kontrol) dari populasi seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kalidawir. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan hasil homogenitas sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model generative learning berbantuan E-LKPD berbasis liveworksheets terhadap kemampuan pemecahan masalah materi barisan geometri yang signifikan dengan nilai sig. 0,000<0,05. 2) ada pengaruh model generative learning berbantuan E-LKPD berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar materi barisan geometri yang signifikan dengan nilai sig. 0,000<0,05. 3) ada pengaruh model generative learning berbantuan E-LKPD berbasis liveworksheets terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar materi barisan geometri yang signifikan dengan nilai sig. 0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212088 ATI INAYATI |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:29 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |