PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG

ZESTIN ISNAINI, 126205212137 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterlibatan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS SDI Miftahul Huda Plosokandang” ini ditulis oleh Zestin Isnaini, Nim. 126205212137, pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci: Flipped Classroom, Berpikir Kritis dan Keterlibatan Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurangnya kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu adanya perkembangan teknologi yang kurang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Dari hal tersebut diperlukan inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan peserta didik pada mata Pelajaran IPAS SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V mata pelajaran IPAS SDI Miftahul Huda Plosokandang, (2) Mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap keterlibatan peserta didik kelas V mata pelajaran IPAS SDI Miftahul Huda Plosokandang, (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan peserta didik kelas V mata pelajaran IPAS SDI Miftahul Huda Plosokandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Plosokandang yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas 5B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 5A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Dan uji hipotesis yang digunakan adalah, uji Independent Sample T test, dan uji MANOVA. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai Sig.(2- Tailed) adalah 0,006 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan peserta didik. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai Sig.(2- Tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan peserta didik. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA diperoleh nilai Sig.(2- Tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212137 ZESTIN ISNAINI
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:28
Last Modified: 23 Jun 2025 08:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58283

Actions (login required)

View Item View Item