PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING TULUNGAGUNG

LAILATUN NADHIFAH, 126208211017 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung” ditulis oleh Lailatun Nadhifah, NIM. 126208211017, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: discovery learning, pemahaman konsep, keaktifan siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami apa yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Keterlibatan siswa yang minim dalam pembelajaran IPA berakibat pada pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA, disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan terkesan membosankan dan membuat siswa tidak tertarik dalam pembelajaran. Hal ini membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan siswa kurang berkonsentrasi saat guru menjelaskan dan tidak memperhatikan guru. Dengan demikian diperlukan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahamn konsep siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung, 2) mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan siswa siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung, 3) mengetahui terdapatnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental penelitian dilakukan di MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung dengan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh dikarenakan keterbatasan lokasi penelitian yang diambil dan jumlah siswa yang terbatas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes pemahaman konsep dan lembar observasi keaktifan. Teknik analisis data yang digunakan pada instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji T dan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T pemahaman konsep yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji T keaktifan yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji MANOVA yang diambil dari Wilks Lamda memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, berdasarkan uraian hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis dinyatakan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211017 LAILATUN NADHIFAH
Date Deposited: 19 Jun 2025 06:13
Last Modified: 19 Jun 2025 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58315

Actions (login required)

View Item View Item