PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI MIPA MAN 2 JOMBANG

FIRLI APRILIA SA'ADAH, 126211211012 (2025) PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI MIPA MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Lampiran Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Motivasi belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Suhu dan Kalor Kelas XI MIPA MAN 2 Jombang. Ditulis oleh Firli Aprilia Sa'adah, NIM. 126211211012, Program Studi Tadris Fisika, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaung. Pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Inquiry Learning, Motivasi Belajar. Kemampuan Pemecahan Masalah. Rendahnya motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran fisika, disebabkan kurangnya variasi pemanfaatan model pembelajaran. Dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik perlu diterapkan model pembelajaran yang mendukung karena keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan peserta didik secara efektif di dalam proses pembelajaran, oleh karena itu di perlukan model pembelajaran yang mendukung dan efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah adalah model Inquiry Learning. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengatahui ada tidaknya pengaruh model Inquiry Learning terhadap motivasi belajar peserta didik didik materi Suhu dan Kalor kelas XI MIPA MAN 2 Jombang. (2) Mengatahui ada tidaknya pengaruh model Inquiry Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah peserta didik didik materi Suhu dan Kalor kelas XI MIPA MAN 2 Jombang. (3) Mengatahui ada tidaknya pengaruh model Inquiry Learning terhadap motivasi belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah peserta didik didik materi Suhu dan Kalor kelas XI MIPA MAN 2 Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunnakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain Post-test Only Control Design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini merupakan seluruh kelas XI MIPA MAN 2 Jombang tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini mengambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 peserta didik, dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket,dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji MANOVA. Hasil analisis pada data penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh model model pembelajaran Inquiry Learning terhadap motivasi belajar peserta didik materi Suhu dan Kalor kelas XI MIPA MAN 2 Jombang dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,000< 0,05 (2) Ada pengaruh model model pembelajaran Inquiry Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi Suhu dan Kalor kelas XI MIPA MAN 2 Jombang dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,015< 0,05 (3) Ada pengaruh model model pembelajaran Inquiry Learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi Suhu dan Kalor kelas XI MIPA MAN 2 Jombang dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,000< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211012 FIRLI APRILIA SA'ADAH
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:58
Last Modified: 19 Jun 2025 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58349

Available Versions of this Item

  • PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI MIPA MAN 2 JOMBANG. (deposited 19 Jun 2025 07:58) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item