MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SAINS PADA PENDIDIKAN DASAR BERBASIS ISLAM (Studi Multikasus di SDI Al Badr Ploso Kediri dan MIN 2 Tulungagung)

AHMAD JIHAN FIRDAUS, 12950121008 (2025) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SAINS PADA PENDIDIKAN DASAR BERBASIS ISLAM (Studi Multikasus di SDI Al Badr Ploso Kediri dan MIN 2 Tulungagung). [ Disertasi ]

[img] Text
1.SAMPUL DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Lampiran kartu bimbingan disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan judul “Manajemen Mutu Pembelajaran dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Sains Pada Pendidikan Dasar Berbasis Islam (Studi Multikasus di SDIT Al Badr Ploso Kediri dan MIN 2 Tulungagung)” ini ditulis oleh Ahmad Jihan Firdaus dengan Promotor Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Sains, Konsep Sains, Pendidikan Dasar Islam Ketertinggalan peserta didik di Indonesia pada kemampuan sains menurut peringkat PISA maupun TIMSS menjadi persoalan serius yang sampai kini membutuhkan solusi berkelanjutan. Kondisi tersebut disebabkan kegiatan belajar sains dilakukan masih berkutat pada hafalan materi dan mengerjakan soal tes. Seharusnya dalam pembelajaran sains para peserta didik memiliki kemampuan keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking). Penelitian berupaya menjawab (1) Bagaimana perencanaan manajemen mutu pembelajaran sains; (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen mutu pembelajaran sains; (3) Bagaimana evaluasi manajemen mutu pembelajaran sains; (3) Bagaimana implikasi manajemen mutu pembelajaran sains dalam meningkatkan penguasaan konsep sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus yang memiliki kesamaan latar obyek studi. Peneliti menetapkan SDIT Al Badr Ploso Kediri dan MIN 2 Tulungagung yang dianggap memenuhi kualifikasi obyek penelitian yang dibutuhkan. Analisis data dilakukan dua tahap yaitu analisis kasus individu yang menggunakan teori dari Miles dan Huberman. Selanjutnya dilakukan analisis lintas situs menggunakan teori dari Yin. Kesimpulan penelitian (1) perencanan manajemen mutu pembelajaran sains dimulai dengan penyusunan rencana pembelajaran, penyiapan perangkat pembelajaran dengan memastikan adanya inovasi dan praktek materi sains. Sekolah melalui kebijakan kepala sekolah memberikan dukungan penuh pada penyusunan rencana pembelajaran; (2) pelaksanaan manajemen mutu pembelajaran sains dilaksanakan melalui dukungan kepala sekolah terhadap kelancaran pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui kebijakan yang jelas serta dukungan pendanaan yang pasti. Pada pelaksanaan pembelajaran sains guru harus seringkali melaksanakan praktek pada meteri sains yang relevan. Selain itu hal yang penting adalah memastikan pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan jadwal serta tidak sering terjadi jam kosong atau peserta didik yang dipulangkan lebih awal karena ada kegiatan guru. (3) evaluasi manajemen mutu pembelajaran sains dilakukan melalui beberapa tahapan seperti evaluasi pada waktu tertentu dengan mengunjungi kelas secara langsung saat pelajaran berlangsung untuk melihat aktivitas kegiatan pembelajaran, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan serta akhir semester. (4) Implikasi manajemen mutu pembelajaran sains diantaranya peningkatan pemahaman pembelajaran materi sains peserta didik, peningkatan prestasi sekolah pada bidang sains, meningkatkan reputasi sekolah, pemahaman guru kelas dalam menjaga mutu pembelajaran sains.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim
Depositing User: 12950121008 AHMAD JIHAN FIRDAUS
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:05
Last Modified: 20 Jun 2025 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58352

Actions (login required)

View Item View Item