SILVI AULIA AGUSTIN, 126208212060 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGI KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungi Kelas X SMAN 2 Trenggalek” ditulis oleh Silvi Aulia Agustin, NIM. 126208212060, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak M. Luqman Hakim Abbas, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran dikelas yang cenderung hanya berpusat pada guru (teacher-centered), sehingga siswa kurang dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar. Berdasarkan hasil kunjungan di SMAN 2 Trenggalek, diketahui bahwa dalam kegiatan belajar guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi, siswa juga terlihat banyak mendengarkan dan kurang terlibat aktif. Oleh karena itu, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap minat belajar siswa pada materi fungi kelas X SMAN 2 Trenggalek. (2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi fungi kelas X SMAN 2 Trenggalek. (3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi fungi kelas X SMAN 2 Trenggalek. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental. Dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Tehnik pengambilan sampling yakni dengan tehnik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Trenggalek. Sampel penelitian adalah kelas X7 (eksperimen) dan kelas X8 (kontrol). Tehnik pengumpulan data didapatkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan uji n-gain, uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yakni uji T (independent sample t-test) dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap minat belajar siswa pada materi fungi, dilihat pada hasil uji-T menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,001< 0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi fungi, dilihat pada hasil uji-T menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,001< 0,05. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi fungi, dilihat pada hasil uji Manova menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,001< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi fungi kelas X SMAN 2 Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Fungi Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212060 SILVI AULIA AGUSTIN |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 13:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 13:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |