RISKA DWI KARTIKASARI, 126205212122 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Thoriqul Huda Kromasan” ditulis oleh Riska Dwi Kartikasari, NIM 126205212122, dosen pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, STAD, Bernalar Kritis Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan bernalar kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih monoton. Model pembelajaran yang diperlukan yaitu model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa yaitu model student teams achievement division. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di MI Thoriqul Huda Kromasan, 2) Bagimana pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD terhadap kemampuan bernalar kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di MI Thoriqul Huda Kromasan, 2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan bernalar kritis di MI Thoriqul Huda Kromasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MI Thoriqul Huda Kromasan dengan sampel kelas 4A dan 4B. Instrumen angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan model student teams achievement division pada kelas eksperimen melalui beberapa tahapan melatih siswa untuk bernalar kritis, memproses dan mengolah informasi, memecahkan masalah, dan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga kemampuan bernalar kritis mereka berkembang secara optimal 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap peningkatan kemampuan bernalar kritis siswa. Diinterpretasikan sesuai kriteria bahwa 0.001 < 0.05 dan 0.007 < 0.05. Maka dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212122 RISKA DWI KARTIKASARI |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:44 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |