SAFNA FARIZA BALQHIS, 126211213052 (2025) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KALOR SMA/MA Se-KECAMATAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (589kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan rendahnya antusias belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika yang berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran berpusat kepada guru dengan menggunakan model pembelajaran teacher center, dimana guru memegang konrol proses pembelajaran sehingga peserta didik relative pasif menerima dan mengikuti proses pembelajaran oleh karena itu, model pembelajaran discovery learning diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui adanya pengaruh penerapan model discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik materi kalor kelas XI MA Al- Ma’arif Tulungagung. (2)mengetahui adanya pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik materi kalor kelas XI MA Al-Ma’arif Tulungagung. (3)mengetahui adanya pengaruh penerapan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik materi kalor kelas XI MA Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 41 peserta didik dengan sampel yang digunakan adalah 21 peserta didik kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini teknik analisis uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji mann whitney dan uji kruskal wallis. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik materi kalor kelas XI MA Al-Ma’arif Tulungagung yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,192 > 0,05 yang menyatakan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. (2) ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik materi kalor kelas XI MA Al-Ma’arif Tulungagungyang dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. (3) model discovery learning secara simultan hanya mempengaruhi hasil belajar dan tidak pada motivasi belajar peserta didik materi kalor kelas XI MA Al-Ma’arif Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211213052 SAFNA FARIZA BALQHIS |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 03:58 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |