LAILATUL MASRUROH, 126205211038 (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PROFIL KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (819kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Profil Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 4 Di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Lailatul Masruroh, NIM 126205211038, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Zainudin, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Kemandirian Belajar. Penelitian ini didorong oleh beberapa faktor termasuk ada beberapa peserta didik yang menunjukkan ketergantungan tinggi terhadap arahan guru, kurang inisiatif dan kurang percaya diri dalam menyelesaikan tugas. Dalam hal ini, peran guru menjadi sangat krusial. Guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai pendidik, pembimbing dan fasilitator. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan profil kemandirian belajar peserta didik kelas 4 di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan profil kemandirian belajar peserta didik kelas 4 di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan profil kemandirian belajar peserta didik kelas 4 di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru sebagai pendidik dalam membangun rasa percaya diri peserta didik dengan mengarahkan dan memberikan kesempatan untuk tampil di depan kelas, serta menerapkan pendekatan yang suportif. Dalam membangun keaktifan belajar, guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik, seperti diskusi, aktivitas fisik, serta mendorong peserta didik agar mencari informasi secara mandiri. Dalam hal menumbuhkan rasa tanggung jawab, guru memberikan tugas yang melatih kemandirian dan menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam belajar. (2) Peran guru sebagai pembimbing berperan dalam membimbing serta memotivasi peserta didik agar lebih percaya diri melalui pemberian tugas yang menantang. Dalam membangun keaktifan peserta didik dengan menerapkan metode interaktif, seperti diskusi dan tanya jawab, yang membantu mereka menjadi lebih mandiri. Dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab, guru mengajarkan nilai-nilai penting seperti disiplin, kejujuran, dan kerja keras, serta memberikan tugas secara bertahap sesuai dengan kemampuan peserta didik. (3) Peran guru sebagai fasilitator menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung, memberikan dorongan positif, serta menyediakan sumber daya yang memadai. Dalam membangun keaktifan belajar dapat dilakukan melalui metode interaktif seperti diskusi, tanya jawab, dan kegiatan yang kolaboratif. Dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab, guru memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk membuat pilihan dalam belajar, merencanakan waktu, serta mencari solusi secara mandiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211038 LAILATUL MASRUROH |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:51 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |