PENGEMBANGAN MODUL AJAR AL-QUR’AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN PANJANG DALAM AL- QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

SINTA TITIS PANGESTI PUTRI CIPTAMI, 126201212207 (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR AL-QUR’AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN PANJANG DALAM AL- QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Ajar Al-Qur’an Hadist Untuk Meningkatkan Bacaan Panjang Dalam Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung”, ini ditulis oleh Sinta Titis Pangesti Putri Ciptami, NIM. 126201212207, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Suwarno, M.Pd.I. Kata Kunci : Modul ajar, Al-Qur’an, Hadist, Hukum Bacaan Panjang Modul ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar cetak yang digunakan dalam proses pembelajaran. Modul ajar diperlukan sebagai pedoman beraktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Sama halnya dengan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist, modul ajar yang sistematis dan menarik sangat dibutuhkan untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep tajwid, khususnya hukum bacaan panjang. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan modul ajar Al-Qur’an Hadist untuk meningkatkan pemahaman bacaan panjang dalam Al-Qur’an pada siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. 2) Untuk mengetahui validitas modul ajar Al-Qur’an Hadist hasil pengembangan untuk meningkatkan pemahaman bacaan panjang dalam Al- Qur’an pada siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. 3) Untuk mengetahui efektivitas modul ajar Al-Qur’an Hadist hasil pengembangan untuk meningkatkan pemahaman bacaan panjang dalam Al-Qur’an pada siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), yang akan menghasilkan produk berupa modul ajar Al-Qur’an Hadist. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan test. Analisis data yang digunakan ada dua macam yaitu analisis data kualitatif untuk data yang berasal dari potensi dan masalah serta studi literatur dan mengumpulkan informasi, dan analisis data kuantitatif untuk data hasil validasi ahli, hasil penilaian uji coba produk. Hasil Penelitian dan pengembangan menunjukkan : 1) Prosedur yang dilakukan untuk menghasilkan modul ajar Al-Qur’an Hadist mengikuti prosedur pengembangan oleh Sugiono yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. 2) Validitas modul ajar yang dikembangkan sangat valid dari penilaian ahli materi dan ahli media. 3) Efektivitas modul ajar sangat efektif berdasarkan hasil uji coba terbatas dan efektif berdasarkan hasil uji coba skala luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212207 SINTA TITIS PANGESTI PUTRI CIPTAMI
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:21
Last Modified: 01 Jul 2025 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58745

Actions (login required)

View Item View Item