KHUSNUL ENDISA DWI N, 126205213221 (2025) PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NURUL HUDA MINGGIRSARI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Nurul Huda Minggirsari” yang ditulis oleh Khusnul Endisa Dwi N, NIM 126205213221 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Dosen Pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Membaca Pemahaman Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik yaitu ada beberapa guru yang masih mengajar dengan media konvensional. Salah satu model pembelajaran inovatif untuk pengajaran di tingkat dasar adalah model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) ini merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan anggota tiap kelompok 4-5 orang peserta didik secara heterogen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Nurul Huda Minggirsari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di MI Nurul Huda Minggirsari dengan sampel kelas A dan kelas B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (uji homogenitas, uji normalitas) dan uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil dari penelitian ini yaitu; (1) Model pembelajaran masih menggunakan model konvensional. 2) Penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada kelas eksperimen siswa merespon dengan baik dan sangat aktif dalam proses pembelajaran. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Di interpretasikan sesuai kriteria 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205213221 KHUSNUL ENDISA DWI N |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:02 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |