MOHAMMAD FARHAN ROSYADI, 126201213254 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievements Division) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (870kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Mohammad Farhan Rosyadi, NIM 126201213254, Pembimbing Dr. Hj. Luk-luk Nur Mufida, M.Pd.I, NIP 197903192003122002 Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Keaktifan Belajar, Fiqih. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan guru mata pelajaran fiqih di MAN Kota Blitar pada kelas XI Fase F menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terbukti dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan kegiatan diskusi yang berjalan dengan baik sehingga siswa dapat menerima materi dengan baik. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk dapat mendeskripsikan dan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keaktifan secara mental, emosional dan intelektual siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif penelitian berlokasi di MAN Kota Blitar. Penelitian ini bersifat mendeskripsikan, menafsirkan dan menuturkan data yang didapat dari lapangan dan menghasilkan deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari narasumber. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Kota Blitar dilakukan dengan cara guru membentuk kelompok-kelompok kecil secara heterogen dengan kemampuan siswa yang berbeda serta menyajikan materi sebagai bahan diskusi siswa, memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyampaikan pertanyaan serta meningkatkan pemikiran siswa dalam diskusi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk mengasah kemampuan memecahkan masalah. (2) Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Keaktifan Emosional Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Kota dengan guru melakukan pengelolaan emosional siswa selama proses diskusi dengan pemberian tanggung jawab dalam pengkondisian diskusi pada mata pelajaran fiqih, serta memberikan reward serta evaluasi pada pertemuan sebelumnya. (3) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Keaktifan Intelektual Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Kota Blitar dengan cara guru menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan suportif, serta mendorong siswa aktif dengan cara mencari, mengolah dan menyajikan informasi kepada teman-temanya, dan memberikan ruang bagi siswa untuk berinovasi dan bereksplorasi dalam belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213254 MOHAMMAD FARHAN ROSYADI |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |