DIYAH TRI PUJI LESTARI, 126204213188 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (917kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (818kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (822kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Matriks Kelas XI MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Diyah Tri Puji Lestari, NIM 126204213188, pembimbing Bapak Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Guided Inquiry, Powerpoint, Berpikir Kreatif. Berpikir kreatif matematis merupakan aspek yang penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Berpikir kreatif memungkinkan siswa melihat suatu masalah dari berbagai perspektif, berdasar pengetahuan dan pengalaman mereka. Berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui beberapa metode, strategi atau model-model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa di kelas. Namun kenyataanya, kemampuan atau strategi mengembangkan berpikir kreatif ini sering kali terabaikan, dan hampir tidak dipikirkan oleh guru, sehingga alat untuk mengukur berpikir kratif matematis tidak dirancang dan tidak tersedia. Perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui model pembelajaran yang mengembangkan kreativitas siswa dengan baik dan terukur. Oleh karena itu, dibutuhkan treatment agar siswa mampu lebih aktif, mandiri, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah matematis. Hal ini dapat diwujudkan dengan kombinasi model pembelajaran guided inquiry dan media powerpoint. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran guided Inquiry berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi Matriks kelas XI MAN 1 Trenggalek dan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi Matriks kelas XI MAN 1 Trenggalek. Adapun pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian metode eksperimental dengan desain quasi eksperiment. Populasi yang menjadi sasaran penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI D sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan XI F 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui 3 metode pengumpulan data, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada pengaruh model pembelajaran guided Inquiry berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi Matriks kelas XI MAN 1 Trenggalek. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t_hitung>t_tabel atau 2,209>2,011, selain itu, nilai sig.(2-tailed) = 0,032≤0,05. (2) Besar pengaruh model pembelajaran guided Inquiry berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi Matriks kelas XI MAN 1 Trenggalek dengan Effect size hasil uji-t dengan Cohen's d sebesar 0,81 dengan presentase 79% ermasuk kategori tinggi. Dan rata-rata N-Gain kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas eksperimen sebesar 0,7586 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, model guided inquiry berbantuan powerpoint interaktif direkomendasikan sebagai pendekatan atau model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran matematika. Guru dapat menerapkan model ini dengan melakukan evaluasi berkala guna memantau kemajuan siswa. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi integrasi teknologi lain, seperti aplikasi matematika online, serta mengkaji efektivitas model ini dalam berbagai aspek dan kondisi pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran matematika menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213188 DIYAH TRI PUJI LESTARI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:58 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |