FUNIBA SALWA AZIZAH, 126208212073 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN BAMBOOZLE TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (964kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Bamboozle terhadap Self-Efficcay dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Funiba Salwa Azizah, NIM. 126208212073, Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Self-Efficacy, Hasil Belajar, Bamboozle, Klasifikasi Makhluk Hidup. Permasalahan siswa di sekolah adalah rendahnya self-efficacy dan hasil belajar yang dimiliki. Dibuktikan dari hasil penyebaran angket self-efficacy pada siswa kelas VIII yang menunjukkan siswa memiliki rata-rata nilai self-efficcay yang cukup rendah. Selain itu, hasil belajar siswa yang telah memenuhi Krtieria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) masih kurang dari 70%. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa pada proses pembelajaran. Di samping itu, materi klasifikasi makhluk hidup dianggap sulit dipahami oleh siswa karena memerlukan banyak pemahaman konsep. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media bamboozle yang mendorong siswa untuk aktif selama proses pembelajaran karena mengajak siswa untuk berlatih memperdalam pemahaman konsep dan menyelesaikan quiz-quiz secara mandiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan bamboozle terhadap self-efficacy siswa; 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan bamboozle terhadap hasil belajar siswa; 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan bamboozle terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental design (desain eksperimen semu) dengan desain Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru, dengan sampel penelitian sebanyak 29 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket self-efficacy dengan 52 pernyataan dan lembar soal tes yang terdiri dari 13 soal pilihan ganda dan 6 soal essai yang telah teruji valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (Independent Sample T-Test dan uji Manova) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan bamboozle terhadap self-efficacy siswa dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan bamboozle terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan bamboozle terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212073 FUNIBA SALWA AZIZAH |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |