WHENDIKA RETNO SETYOWATI, 126205212135 (2025) PENGARUH PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (801kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik pada Materi Bangun Datar di SDI Miftahul Huda Plosokandang” ini ditulis oleh Whendika Retno Setyowati, NIM. 126205212135, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Uswatun Hasanah S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA), Pemahaman Konseptual, Bangun Datar. Pendekatan pembelajaran merupakan sebuah sudut pandang terhadap proses pembelajaran yang berupa rencana awal untuk melaksanakan proses pembelajaran. Pemahaman konseptual merupakan kemampuan strandar yang sangat penting dan harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan concrete pictorial abstract (CPA) yang dapat melatih dan meningkatkan pemahaman konseptual matematis pada peserta didik. Pentingnya pemahaman konseptual, banyaknya guru yang menggunakan metode konvensional tanpa melihat tahapan belajar peserta didik dan masih sedikitnya penggunaan pendekatan concrete pictorial abstract (CPA) di Indonesia, menjadi hal yang melatar belakangi penelitian ini. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh pendekatan concrete pictorial abstract (CPA) terhadap pemahaman konseptual peserta didik pada materi bangun datar di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) terhadap pemahaman konseptual peserta didik pada materi bangun datar di SDI Miftahul Huda Plosokandang, (2) Menganalisis seberapa besar pengaruh pendekatan concrete pictorial abstract (CPA) terhadap pemahaman konseptual peserta didik pada materi bangun datar di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2 SDI Miftahul Huda Plosokandang yang berjumlah 34 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah sampel keseluruhan jumlah populasi yang ada karena jumlah populasi yang relative kecil, dengan kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan kelas 2B sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang termasuk dalam nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat. Dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test dan uji cohen’s d. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pendekatan concrete pictorial abstract (CPA) terhadap pemahaman konseptual peserta didik pada materi bangun datar di SDI Miftahul Huda Plosokandang, sebagaimana ditunjukkan oleh uji Independent Sample T-test dengan nilai Sig. 0,001 (≤ 0,05), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh yang besar dari pendekatan concrete pictorial abstract (CPA) terhadap pemahaman konseptual peserta didik pada materi bangun datar di SDI Miftahul Huda Plosokandang, sebagaimana ditunjukkan oleh uji cohen’s d dengan nilai d sebesar 1,31 (≥ 0,8), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212135 WHENDIKA RETNO SETYOWATI |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:29 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |