PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI MAN 1 BLITAR

ALVI NUR HIDAYATI, 126208211006 (2025) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (909kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI di MAN 1 Blitar”, ditulis oleh Alvi Nur Hidayati, NIM. 126208211006, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: mind map; hasil belajar; minat belajar; pendekatan saintifik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru dan penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif, seperti hanya mengandalkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Hal ini menyebabkan siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, minat belajar menjadi rendah, dan berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal, khususnya pada materi sistem ekskresi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran mind mapping yang diintegrasikan dengan pendekatan saintifik dengan harapan dapat meningkatkan minat belajar siswa selama proses pembelajaran, sehingga turut berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI di MAN 1 Blitar. 2) Mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI di MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 1 Blitar. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI D sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 36 siswa dan kelas XI E sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 33 siswa, dengan kemampuan awal yang sama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Instrumen berupa angket minat belajar dengan 23 butir pernyataan dan tes hasil belajar pilihan ganda sebanyak 25 soal. Reliabilitas angket minat belajar adalah sebesar 0,957 yang menunjukkan kriteria sangat tinggi. Sedangkan reliabilitas tes hasil belajar adalah sebesar 0,728 yang menunjukkan kriteria tinggi. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample T-Test dan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI di MAN 1 Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,002, dengan nilai thitung sebesar 3,201. Sementara itu, nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df) sebesar 67 adalah 1,668. Karena nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05) dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,201 > 1,668) maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan tersebut signifikan secara statistik. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI di MAN 1 Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney U, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,003, dengan nilai zhitung sebesar -3,013. Sementara itu, nilai ztabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,96. Karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05) dan nilai │zhitung│= 3,013 > 1,96, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan tersebut signifikan secara statistik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211006 ALVI NUR HIDAYATI
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:10
Last Modified: 03 Jul 2025 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58956

Actions (login required)

View Item View Item