RIZKI ADI SAPUTRA, 12201193209 (2025) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG PUTRA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung” ini ditulis oleh Rizki Adi Saputra NIM 12201193209. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Peran, Pondok Pesantren, Karakter Religius, Santri Penurunan nilai-nilai keagamaan di kalangan santri menjadi perhatian serius dalam pendidikan agama Islam di Indonesia, yang dipengaruhi oleh arus modernisasi, perkembangan teknologi, dan perubahan sosial. Pondok Pesantren Panggung Tulungagung sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, memainkan peran sentral dalam membentuk karakter religius santri dengan pendekatan pembelajaran yang menyeluruh, mencakup dimensi keilmuan, spiritual, dan sosial. Melalui pendekatan ini, diharapkan santri dapat memperkuat nilai-nilai keagamaan mereka, menjadi pribadi yang berkualitas, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung sebagai tempat belajar karakter religius santri. (2) Bagaimana peran Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung dalam membentengi karakter religius di tengah modernitas. (3) Bagaimana bentuk karakter religius yang dikembangkan Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan kondensasi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Peran Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung sebagai tempat membentuk karakter adalah menerapkan kegiatan ubudiyyah selama sehari penuh dengan batasan-batasan serta kewajiban tertentu. Kegiatan religius yang terstruktur seperti jadwal sholat wajib, mengaji Al Qur’an, madrasah diniyyah, dan rutinan keagamaan. Pondok menerapkan pembiasaan kegiatan ubudiyyah santri yang dilaksanakan dengan terus menerus secara rutin dan kontinyu. (2) Peran Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung dalam membentengi karakter religius di tengah modernitas yaitu mempertahankan tradisi lama dan mengikuti perkembangan jaman, menerapkan uswatun khasanah, program pembiasaan/Ta’widiyah, mau’idzah dan nasihat dan pembelajaran diniyyah dengan materi pembelajaran tasawuf. (3) Bentuk-bentuk karakter religius yang dikembangkan Pondok Pesantren Panggung Putra Tulungagung yaitu Ilahiyah (hubungan dengan Allah SWT) dan Insaniyah (hubungan dengan sesama).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193209 RIZKI ADI SAPUTRA |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 01:15 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 01:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |