PENGARUH NOMOR INDUK BERUSAHA, SERTIFIKASI HALAL, DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN UMKM KERIPIK TEMPE DI DESA BANARAN KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK

MOHAMMAD SA'ID AMRULLOH, 126402213206 (2025) PENGARUH NOMOR INDUK BERUSAHA, SERTIFIKASI HALAL, DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN UMKM KERIPIK TEMPE DI DESA BANARAN KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Nomor Induk Berusaha, Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Kepercayaan Konsumen UMKM Keripik Tempe di Desa Banaran Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Mohammad Sa‟id Amrulloh, NIM. 126402213206, pembimbing Dr.Ali Mauludi AC, M.A. Kata kunci: Nomor Induk Berusaha, Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Kepercayaan Konsumen Penelitian ini dilatar belakangi oleh perekonomian Indonesia yang tidak lepas dari peran penting usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM. Semakin berkembangnya usaha rumah tangga berdampak pada perekonomian keluarga yang akan berdampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, pemerintah menekankan perlunya seluruh pengusaha mendapatkan izin usaha dan merekomendasikan untuk mendaftarkan perusahaannya. Kepercayaan Konsumen adalah bentuk dukungan konsumen terhadap upaya yang dilakukan untuk mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan, melalui kepercayaan seorang konsumen akan memberikan dukungan terkait dengan keputusan pembelian yang akan ditetapkan. Agar UMKM dapat mempertahankan konsumen adalah dengan adanya Nomor Induk Berusaha , Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Kepercayaan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menguji pengaruh Nomor Induk Berusaha terhadap kepercayaan konsumen 2) menguji pengaruh sertifikasi halal terhadap kepercayaan konsumen 3) menguji pengaruh kesadaran halal terhadap kepercayaan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 konsumen pada UMKM Keripik Tempe Desa Banaran Kec. Tugu Kab. Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan Teknik sampling jenuh (sensus). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) variabel Nomor Induk Berusaha (X1) secara individual berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan konsumen (Y) 2) variabel sertifikasi halal (X2) secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen (Y) 3) variabel kesadaran halal (X3) secara individual berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan konsumen 4) Nomor Induk Berusaha, sertifikasi halal dan kesadaran halal secara bersama-sama berpengaruh positif signifikas terhadap variabel kepercayaan konsumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213206 MOHAMMAD SA'ID AMRULLOH
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:27
Last Modified: 21 Jul 2025 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59119

Actions (login required)

View Item View Item