NABIILAH QOTHRUN NADA, 126205212115 (2025) PENGARUH GAME INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Pengaruh Game Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nabiilah Qothrun Nada dengan NIM 126205212115. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN SATU Tulungagung, pembimbing Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci : Media Game Interaktif Wordwall, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta lapangan yang menunjukkan sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran. Dimana penggunaan media pembelajaran yang konvensional membuat siswa menjadi kurang aktif. Utamanya mengenai mata pelajaran IPAS yang mempunyai karakteristik mengkaji kegiatan ilmiah dan sosial, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, diperlukan alternatif media pembelajaran yang efektif seperti game interaktif wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran game interaktif wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh game interaktif wordwall terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh game interaktif wordwall terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh game interaktif wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 3 kelas dengan total keseluruhan 62 siswa. Teknik sampling adalah purposive sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas IV-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol serta kelas IV-B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji T-test (Independent T-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adakah pengaruh game interaktif wordwall terhadap motivasi belajar siswa kelas IV. Hal ini dilihat dari perolehan thitung sebesar 5,201 dan sig (2 tailed) adalah 0,000, karena thitung > ttabel atau 5,201 > 2,021 dan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Adakah pengaruh game interaktif wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Hal ini dilihat dari perolehan thitung sebesar 6,918 dan sig (2 tailed) adalah 0,000, karena thitung > ttabel atau 6,918 > 2,021 dan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Adakah pengaruh game interaktif wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV. Dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 dan sig (2 tailed) < 0,05, Maka dapat disimpulkan bahwasanya hasil penelitian dimana H0 ditolak dan Ha diterima, dimana terdapat Pengaruh Game Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Siwa Kelas IV MIN 1 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212115 NABIILAH QOTHRUN NADA |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 12:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 12:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |