SISKA AGUSTINA, 126208212078 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOCIO-SCINTIFIC-ISSUES (SSI) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 PACE NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Scintific-Issues (SSI) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X MAN 1 Pace Nganjuk” ditulis oleh Siska Agustina, NIM 126208212078, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd., Kata Kunci: Socio-Scintific-Issues (SSI), Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi siswa dalam pemecahan masalah isu-isu sosial lingkungan berkaitan terhadap kehidupan sehari-hari siswa, yang berpengaruh pada hasil belajar. Dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan model teacher centered, dimana proses pembelajaran siswa terjadi dalam satu arah dan guru berperan sebagai sumber informasi utama mereka, hal tersebut dapat menyebabkan mereka menjadi kurang kreatif dan lebih cenderung pasif. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu menggunakan model pembelajaran Socio-Scintific- Issues (SSI). Dengan menggunakan model pembelajaran Socio-Scintific-Issues (SSI) diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Socio-Scintific-Issues (SSI) terhadap motivasi pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pace Nganjuk. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Socio-Scintific-Issues (SSI) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pace Nganjuk. (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Socio-Scintific-Issues (SSI) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pace Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah quasy eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pace Nganjuk yang berjumlah 252 siswa. Teknik sampel digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas X-1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh dokumentasi proses pembelajaran di kelas X-1 dan X-2 sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji N-Gain, uji normalitas dan homogenitas, uji T dan uji MANOVA. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh model pembelajaran socio-scintific-issues (SSI) terhadap motivasi materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pace Nganjuk. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak sehingga H1 diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran socio-scintific-issues (SSI) terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pace Nganjuk. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test menggunakan nilai N-Gain yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) Adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak sehingga H1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran socio-scintific-issues (SSI) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi ekosistem kelas X SMAN 1 Pace Nganjuk. Hal ini berdasarkan hasil uji manova menggunakan angket dan nilai N-Gain hasil belajar yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) Adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak sehingga H1 diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212078 SISKA AGUSTINA |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 05:37 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |