ANALISIS FAKTORIAL ISLAMIC MARKETING MIX DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

ADITYA ANGGARA WIJAYA, 126401213104 (2025) ANALISIS FAKTORIAL ISLAMIC MARKETING MIX DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Faktorial Islamic Marketing Mix dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Aditya Anggara Wijaya, NIM. 126401213104, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dibimbing oleh Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Kata Kunci: Islamic Marketing Mix, Loyalitas Nasabah, Bank Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan perbankan syariah yang semakin ketat, bank syariah perlu memiliki keunggulan kompetitif yang dapat membedakan mereka dari bank konvensional. Penerapan Islamic Marketing Mix yang efektif dapat menjadi salah satu strategi untuk mencapai hal tersebut. Namun, penerapan Islamic Marketing Mix tidak hanya sebatas pada pemenuhan elemen-elemen pemasaran, tetapi juga harus mencerminkan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek operasional bank. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah yang merupakan fondasi utama dalam operasional bank syariah. Oleh karena itu, penelitian ini juga akan mengkaji sejauh mana penerapan nilai-nilai Islam dalam elemen-elemen Islamic Marketing Mix dan bagaimana hal tersebut memengaruhi loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor dominan dalam Islamic Marketing Mix dalam perbankan syariah di Kabupaten Tulungagung; (2) seberapa besar pengaruh Islamic Marketing Mix terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tulungagung; (3) pengaruh setiap variabel dalam Islamic Marketing Mix terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tulungagung; (4) perbedaan pengaruh Islamic Marketing Mix terhadap loyalitas nasabah berdasarkan karakteristik demografi (usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pendapatan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tulungagung. Data diolah dan dianalisis menggunakan SPSS versi 26.0 dengan uji analisis data yaitu uji kelayakan data, uji deskriptif, uji asumsi klasik, analisis faktor konfirmatori, analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor yang dominan dalam Islamic Marketing Mix yang dapat diidentifikasi melalui analisis faktor yaitu produk dan harga; (2) Secara simultan variabel Islamic Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tulungagung; (3) Secara parsial setiap variabel Islamic Marketing Mix (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tulungagung; (4) Tidak terdapat perbedaan pengaruh Islamic Marketing Mix terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tulungagung berdasarkan karakteristik demografi (usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pendapatan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401213104 ADITYA ANGGARA WIJAYA
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:14
Last Modified: 11 Jul 2025 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59339

Actions (login required)

View Item View Item