NUROH KUSUMASTUTI, 126205211053 (2025) INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (998kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Interaksi Teman Sebaya dalam Membentuk Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Siswa di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut” ini ditulis oleh Nuroh Kusumastuti, NIM. 126205211053, dengan pembimbing skripsi Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran hubungan sosial antar siswa dalam lingkungan sekolah, khususnya interaksi dengan teman sebaya, yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan emosional serta mendorong semangat belajar. Dalam konteks pembelajaran di SDI Al-Hidayah, terlihat bahwa siswa yang memiliki hubungan positif dengan teman-temannya cenderung lebih mampu mengelola emosi, berempati, serta menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi, sehingga interaksi tersebut menjadi faktor penting yang layak diteliti lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana interaksi teman sebaya berkontribusi dalam membentuk kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut. Fokus utamanya adalah memahami dinamika hubungan antar siswa dan bagaimana interaksi tersebut dapat mempengaruhi aspek emosional serta semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, serta dokumentasi terkait aktivitas pembelajaran. Análisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola interaksi terhadap kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi positif antar teman sebaya, seperti kerja sama dalam kelompok belajar dan saling mendukung dalam menyelesaikan tugas, berperan signifikan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Siswa yang aktif berinteraksi dengan teman-temannya menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mengelola emosi, empati dan motivasi belajar. Hal ini menegaskan bahwa pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial positif di kalangan siswa sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > EQ Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211053 NUROH KUSUMASTUTI |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:45 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |