NUR ROZAQ ALWY, 126201211067 (2025) INTERNALISASI NILAI RELIGUS MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nur Rozaq Alwy, 1262021211067, 2025. “Internalisasi Nilai Religius melalui Program Madrasah Diniyah di MTsN 7 Tulungagung”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd. Kata Kunci: Internalisasi Nilai Religius, Madrasah Diniyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan partisipasi peserta didik terhadap pendidikan keagamaan nonformal setelah memasuki jenjang madrasah tsanawiyah. Sebagian besar siswa sebelumnya telah terbiasa mengikuti kegiatan Madin di tingkat SD/MI, namun kegiatan belajar yang padat di jenjang MTs menyebabkan mereka menghentikan keterlibatannya. Program Madrasah Diniyah di MTsN 7 Tulungagung menjadi upaya strategis dalam menjawab tantangan minimnya pendidikan keagamaan setelah mereka masuk jenjang MTs. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana proses transformasi nilai religius melalui Program Madrasah Diniyah; (2) Bagaimana proses transaksi nilai religius melalui program tersebut; dan (3) Bagaimana proses transinternalisasi nilai religius terjadi pada diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai religius melalui program Madrasah Diniyah berlangsung secara bertahap melalui tiga proses utama. Pertama, transformasi menunjukkan bahwa Program Madrasah Diniyah di MTsN 7 Tulungagung merupakan bentuk nyata perhatian madrasah terhadap kesinambungan pendidikan keagamaan, Transformasi nilai religius melalui program ini terlihat dari bagaimana siswa mulai menunjukkan perubahan dalam kebiasaan, cara berpikir, serta sikap. Kedua, transaksi berupa interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik dalam menyampaikan nilai-nilai akidah, ibadah, dan akhlak melalui metode pembiasaan, nasihat, dan ceramah. Ketiga, transinternalisasi, yang ditandai dengan keterwujudan nilai religius dalam kepribadian siswa, seperti kebiasaan beribadah, sopan santun, dan perilaku islami yang tumbuh melalui keteladanan guru yang mendukung proses penghayatan nilai-nilai religius.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211067 NUR ROZAQ ALWY |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |