PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL - HIDAYAH IX GEMAHARJO

CENDY ANINDIYA NUR WAHYULIA, 126206213071 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL - HIDAYAH IX GEMAHARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Cendy Anindiya Nur Wahyulia, 126206213071. 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Hidayah IX Gemaharjo. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Media Flash Card, Kemampuan Berbahasa Inggris Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di TK Al Hidayah IX Gemharjo pada kelompok B, banyak anak yang tidak tertarik dan mudah bosan dalam pembelajaran berbahasa inggris karena di Lembaga tersebut proses penguasaan bahasa inggris dilaksanakan melalui metode bercakap-cakap. Seorang pendidik memerlukan penggunaan media salah satunya media kartu bergambar untuk membantu dalam pembelajaran berbahasa inggris sehingga pembelajaran berbahasa inggris pada anak mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran Kartu Bergambar terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di TK Al – Hidayah IX Gemaharjo dan mengetahui efektifitas media Flash Card dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di Tk Al – Hidayah IX Gemaharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B TK Al – Hidayah IX Gemaharjo . Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total yaitu seluruh anak kelompok B TK Al – Hidayah IX Gemaharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T- test dengan nilai Sig. 0,001 dan uji N gain Score dengan nilai mean kelompok eksperimen sebesar 77,2% maka di nyatakan efektif dan mean kelompok kontrol sebesar 46,5% maka di nyatakan kurang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh dalam penggunaan media flash card terhadap kemampuan berbahasa inggris anak usia 5-6 tahun di TK Al – Hidayah IX Gemaharjo dengan nilai signifikansi 0,001<0.05. (2) Besar pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan berbahasa inggris anak usia 5-6 tahun di TK Al – Hidayah IX Gemaharjo dengan nilai efektivitas sebanyak 77,2879 atau 77,2%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206213071 CENDY ANINDIYA NUR WAHYULIA
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:09
Last Modified: 14 Jul 2025 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59423

Actions (login required)

View Item View Item