PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANANKULON BLITAR

WINNA ISMAWATI, 126204212109 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan GeoGebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar” ini ditulis oleh Winna Ismawati, NIM 126204212109, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Project Based Learning, GeoGebra, Motivasi, Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika di sekolah. Siswa cenderung bergantung pada contoh penyelesaian soal dari guru dan buku pegangan, sehingga motivasi belajar mereka tidak berkembang secara optimal. Pendidik harus memilih model dan metode pembelajaran dengan beberapa varian pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Project Based Learning. Model Project Based Learning adalah pendekatan yang memfokuskan siswa sebagai pusat dalam kegiatan pemecahan masalah dan pelaksanaan tugas. Model ini dapat meningkatkan motivasi pada kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan objek yang mampu untuk menggali dan mengembangkan kemampuan akademik yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap motivasi belajar siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. 2) Mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap hasil belajar siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. 3) Mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment. Teknik sampling yang digunaan yaitu probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-C dengan 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G dengan 34 siswa sebagai kelas kontrol . Teknik pengumulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji t-test dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Ada pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap motivasi belajar siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. 2) Ada pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap hasil belajar siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar. 3) Ada pengaruh model Project Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Sanankulon Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212109 WINNA ISMAWATI
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:38
Last Modified: 11 Aug 2025 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59450

Actions (login required)

View Item View Item