IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOSIAL EMOSIONAL GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU DISIPLIN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR

DINA DWI APRILIA, 126201212194 (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOSIAL EMOSIONAL GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU DISIPLIN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (420kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pendekatan Sosial Emosional Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Perilaku Disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Dina Dwi Aprilia, NIM. 126201212194. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dengan Pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Sosial Emosional, Aqidah Akhlak, Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar yang masih berperilaku indisipliner, seperti kurangnya disiplin ketika proses pembelajaran, kegiatan beribadah, dan mematuhi tata tertib madrasah. Faktor yang memicu terjadinya indisipliner berasal dari kemalasan, kurangnya kesadaran moral, kurangnya motivasi belajar, masalah emosional, pengaruh teman sebaya, dan pengaruh media sosial. Pendekatan sosial emosional menjadi salah satu strategi efektif dan cocok diimplementasikan oleh guru Aqidah Akhlak untuk membentuk perilaku disiplin. Oleh karena itu, implementasi pendekatan sosial emosional untuk membentuk perilaku disiplin diperlukan adanya pembiasaan dan praktik langsung untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, seperti kesadaran diri, pengelolaan emosi, dan membangun jwa sosial dalam diri peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan guru Aqidah Akhlak mengimplementasikan pendekatan sosial emosional dalam membentuk perilaku disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru Aqidah Akhlak mengimplementasikan pendekatan sosial emosional dalam membentuk perilaku disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar. (3) untuk mendeskripsikan evaluasi guru Aqidah Akhlak mengimplementasikan pendekatan sosial emosional dalam membentuk perilaku disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan menyusun modul ajar yang dirancang sesuai kebutuhan peserta didik, meliputi model, metode, dan media pembelajaran yang bervariasi, serta materi pembelajaran disesuaikan dengan pengalaman yang dialami. (2) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak secara sistematis melalui tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Implementasi pendekatan sosial emosional dilakukan dengan membangun hubungan positif antara guru dengan peserta didik, dan antar peserta didik. (3) Evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan tes, antara lain tes digital melalui E-Learning, tes tulis, tes lisan, dan tes penilaian tindakan. Dilanjutkan dengan kegiatan remidi dan pengayaan untuk mengetahui ketuntasan hasil tes. Implementasi pendekatan sosial emosional cocok diterapkan guru Aqidah Akhlak yang memiliki dampak baik bagi pembentukan perilaku disiplin, sehingga peserta didik dapat mengelola emosi dan menumbuhkan jiwa sosial yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212194 DINA DWI APRILIA
Date Deposited: 15 Jul 2025 01:30
Last Modified: 15 Jul 2025 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59527

Actions (login required)

View Item View Item