IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NABILAH SALMA SALSABILLAH, 126201212163 (2025) IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Reward dan Punishment Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam dan Dampaknya Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Nabilah Salma Salsabillah, NIM 126201212163, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nurul Ihsannudin, Lc., M.Ag. Kata Kunci : Implementasi Reward dan Punishment, Karakter Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan untuk memahami secara komprehensif implementasi reward dan punishment dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Metode ini bukan sekadar alat untuk menegakkan aturan, tetapi juga sarana untuk membentuk karakter disiplin peserta didik. Oleh karena itu, dalam konteks pendidikan agama Islam peserta didik dihadapkan pada seperangkat aturan yang wajib dipatuhi selama proses pembelajaran di kelas. Kepatuhan terhadap aturan ini dipandang sebagai pondasi penting dalam pembentukan karakter yang berintegritas. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana Implementasi Punishment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana Dampak Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Punishment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan Dampak Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi Reward dilaksanakan guru pendidikan agama Islam sebelum masuk dan setelah selesai proses pembelajaran. Adapun reward yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam pada peserta didik, meliputi pujian, penghormatan, hadiah dan tanda penghormatan. (2) Implementasi Punishment juga dilaksanakan guru pendidikan agama Islam di dalam dan di luar kelas, hal tersebut bergantung pada punishment yang diberikan. Punishment berupa berdiri didepan kelas, membersihkan taman depan dan belakang, dan berlari mengelilingi lapangan. (3) Dari 4 peserta didik menyatakan dampak dari penerapan reward dan punishment sangat berpengaruh bagi kedisiplinan peserta didik, seperti timbulnya semangat belajar, rajin, dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Reward dan Punishment
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212163 NABILAH SALMA SALSABILLAH
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:11
Last Modified: 21 Jul 2025 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59774

Actions (login required)

View Item View Item