PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 KRAS KEDIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

SITI NUR AZIZAH LUTFIYAH, 126201212099 (2025) PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 KRAS KEDIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Kras Kediri Tahun Pembelajaran 2024/2025” ini ditulis oleh Siti Nur Azizah Lutfiyah, NIM. 126201212099, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Sukarji, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Jigsaw, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Kooperatif Penelitian ini dilatar belakangi dengan Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran PAI sering kali dianggap monoton dan kurang menarik, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan inovasi dalam metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode Jigsaw. Metode ini mendorong siswa untuk aktif, bekerja sama dalam kelompok, dan saling bertukar informasi, sehingga menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode Jigsaw dalam meningkatkan prestasi pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Kras Kediri tahun pembelajaran 2024/2025. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap metode tersebut serta mengevaluasi hasil penerapannya dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap kumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, ketekunan pengamtan dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Metode Jigsaw diterapkan secara sistematis melalui pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli yang saling berbagi tanggung jawab dalam memahami materi. 2. Respon siswa terhadap metode ini sangat positif, terbukti dari meningkatnya partisipasi aktif, antusiasme, dan rasa tanggung jawab dalam proses pembelajaran. 3. Hasil akhir menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam prestasi belajar siswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Dengan demikian, penerapan metode Jigsaw dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah kejuruan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212099 SITI NUR AZIZAH LUTFIYAH
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:18
Last Modified: 21 Jul 2025 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59778

Actions (login required)

View Item View Item