PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA MATERI IPA KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS SUNAN KALIJOGO

NISA SUKESI AGUSTIN, 126208213096 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA MATERI IPA KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS SUNAN KALIJOGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Pada Materi IPA Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Penguasaan Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo" ini ditulis oleh Nisa Sukesi Agustin, NIM. 126208213096, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Mind Mapping, Penguasaan Konsep, Minat Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran satu arah yang terjadi di dalam kelas, serta kurangnya interaksi antara guru dan siswa, ditambah dengan keterbatasan lingkungan pondok pesantren. Kondisi tersebut menyebabkan pemahaman materi siswa menjadi kurang, yang berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Selain itu, pada materi klasifikasi makhluk hidup, siswa juga mengalami kesulitan, terutama pada sub-bab ciri makhluk hidup dan klasifikasi lima kingdom. Sehingga dibutuhkan penelitian ini, dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan mind mapping terhadap tingkat penguasaan konsep materi IPA klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan mind mapping terhadap minat belajar siswa materi IPA klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Quasy Experimental Design dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-D di MTs Sunan Kalijogo Kabupaten Kediri, Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 33 siswa dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes dan dokumentasi. Instrumen berupa angket minat belajar dengan 20 butir pernyataan dan tes hasil belajar pilihan ganda sebanyak 20 soal. Reliabilitas angket sebesar 0,867 dan tes sebesar 0,702 termasuk dalam kategori tinggi. Analisis data dilakukan dengan pengujian statistik non-parametrik dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode mind mapping terhadap penguasaan konsep siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs Sunan Kalijogo, yang ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai sig. 0,022 yang berarti < 0,05. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan penggunaan metode mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs Sunan Kalijogo, ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai sig. (2-tailed) 0,143 yang berarti > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208213096 NISA SUKESI AGUSTIN
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:44
Last Modified: 21 Jul 2025 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59779

Actions (login required)

View Item View Item