IMPLEMENTASI TEKNIK TIGA KATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOLTULUNGAGUNG

ELINA MAGHFIRAH, 126210211012 (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK TIGA KATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOLTULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Menulis cerpen merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang membutuhkan kemampuan berpikir kreatif dan sistematis. Dalam praktiknya, dibutuhkan strategi yang mampu memudahkan siswa dalam mengembangkan ide dan menyusun alur cerita. Salah satu strategi yang digunakan adalah teknik Tiga Kata, yaitu pemberian tiga kata acak sebagai pemicu menulis. Penelitian ini dilakukan di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung karena guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut telah menerapkan teknik ini dalam pembelajaran menulis cerpen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan teknik Tiga Kata di kelas XI. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk menggambarkan proses pembelajaran secara menyeluruh dan mendalam. Peneliti berperan sebagai pengamat non-partisipan yang tidak terlibat langsung dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, serta rubrik penilaian yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh temuan bahwa perencanaan pembelajaran telah disusun dengan rapi melalui perangkat seperti RPP dan rubrik evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung efektif, terlihat dari antusiasme siswa dan keterlibatan aktif mereka dalam menulis cerpen berdasarkan tiga kata yang diberikan. Evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu menulis cerpen dengan baik dan memenuhi kriteria penilaian. Dengan demikian, teknik Tiga Kata dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran menulis yang kreatif, menyenangkan, dan memotivasi siswa dalam menuangkan ide cerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210211012 ELINA MAGHFIRAH
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:28
Last Modified: 21 Jul 2025 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59785

Actions (login required)

View Item View Item