CHALISA ASZAHRA, 126101212112 (2025) JUAL BELI PAKAIAN BEKAS (THRIFT) MELALUI MEDIA ONLINE PERSPEKTIF KHIYAR AIB DAN UNDANG UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Thrift Shop Yegumii.id). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Chalisa Aszahra, 126101212112, “Jual Beli Pakaian Bekas (Thrift) Melalui Media Online Perspektif Khiyar Aib dan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 (Studi Kasus Pada Thrift Shop Yegumii.id)”, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2025, Pembimbing Dr. Dian Ferricha, S.H., M.H. Kata Kunci: Jual Beli Pakaian Bekas, Khiyar Aib, Hukum Positif Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan pembeli membeli pakaian bekas dibanding pakaian baru dan hak yang harus di peroleh oleh pembeli selaku konsumen untuk mendapat perlindungan dalam melaksanakan jual beli, khususnya jual beli pakaian bekas melalui media online. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik jual beli pakaian bekas melalui media online di Thrift Shop Yegumii.id?, 2) Bagaimana jual beli pakaian bekas melalui media online perspektif Khiyar Aib di Thrift Shop Yegumii.id?, 3) Bagaimana jual beli pakaian bekas melalui media online perspektif Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di Thrift Shop Yegumii.id? Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaannya, promosi yang dilakukan penjual kurang efektif karena pembeli hanya mengetahui melalui satu media online saja, jika ia mengetahui bahwa toko tersebut juga hadir di Shopee, mereka mungkin juga bisa menikmati kemudahan sistem di Shopee, demikian pula sama hal nya dengan di TikTok. 2) Dari segi penerapan khiyar aib penerapannya masih lemah. Adanya syarat video unboxing yang menjadi penghambat. Dalam transaksi jual beli yang adil, pembeli tidak boleh dipersulit dalam menggunakan haknya, terutama jika barang yang diterima benar benar cacat dan tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Pembeli seharusnya dapat menggunakan bukti lain, seperti foto atau saksi, untuk menuntut haknya jika barang cacat. 3) menurut Pasal 2 Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang asas asas perlindungan konsumen bahwa hak hak konsumen pada praktik jual beli pakaian bekas di Thrift Shop Yegumii.id sudah sejalan dengan 3 asas hukum perlindungan konsumen yaitu asas manfaat, keseimbangan, dan asas kepastian hukum bagi penjual, namun belum memenuhi asas keadilan, keamanan dan keselamatan bagi pembeli.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Ekonomi Islam Hukum > Hukum Islam Ekonomi > Jual Beli |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126101212112 CHALISA ASZAHRA |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |