PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUL HUDA BLITAR

MAHDA SOFIA NURKAMILA, 126208212081 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUL HUDA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Huda Blitar”. Ini ditulis oleh Mahda Sofia Nurkamila, NIM.126208212081, Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dibimbing oleh Bapak Husni Cahyadi Kurniawan S.Si.,M.Si Kata kunci: Two Stay Two Stray, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses pembelajaran yang kurang optimal yang menyebabkan tujuan pembelajaran belum bisa tercapai secara maksimal. Hal ini dipengaruhi salah satunya karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran itu sendiri termasuk model pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa dalam belajar sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Pada MTs Darul Huda Blitar penerapan model pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan seringnya megggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu perlu adanya alternatif keterbaruan dalam model pembelajaran di IPA kelas VII yaitu model kooperatif Two Stay Two Stray. Model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui sintaks pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray terhadap motivasi belajar siswa di MTs Darul Huda (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray terhadap hasil belajar siswa di MTs Darul Huda (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTs Darul Huda. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan quasi experiment, Teknik sampling yang digunakan adalaah purposive sampling dan proses pengambilan data menggunakan instrumen angket dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu: 1) uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), 3) uji hipótesis (uji t dan uji MANOVA). Hasil dari penelitian ini yaitu (1)Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap motivasi belajar siswa di kelas VII MTs Darul Huda Blitar yang dibuktikan bahwa nilai sig= 0,000<0,05 . (2)Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap hasil belajar siswa di kelas VII MTs Darul Huda Blitar yang dibuktikan bahwa nilai sig= 0,000<0,05 (3)Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi klasifikasi makhluk hidup stray terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VII MTs Darul Huda Blitar yang dibuktikan bahwa nilai sig= 0,000<0,05.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Huda Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Hewan
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Biologi > Manusia
Biologi > Tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208212081 MAHDA SOFIA NURKAMILA
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:06
Last Modified: 22 Jul 2025 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59834

Actions (login required)

View Item View Item