PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

BINTI ULFA LAILATUL ROSIDAH, 126211211005 (2025) PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di MTSN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Ulfa Lailatul Rosidah, Nim 126211211005, Pembimbing Gaguk Resbiantoro, S.Si, M.Pd. Kata kunci : model STAD, kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar, sebagian siswa menganggap bahwa pelajaran IPA sulit dipahami karena konsep-konsep materi cukup rumit dan banyak rumus. Pembelajaran masih menggunakan model konvesional yang masih berpusat pada guru. Hal ini mempengaruhi siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang berkaitan dengan pembelajaran IPA. Model pembelajran juga membutuhkan media sebagai pendukung belajar siswa pada pembelajaran IPA. Dengan ini model pembelajaran STAD berbantuan phet simulation diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Adakah Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan PhET Simulation terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung?, (2) Adakah Respon siswa pada Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan PhET Simulation terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung?, (3) Adakah keterlaksanaan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan PhET Simulation terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 7 Tulungagung yang berjumlah 298 siswa dengan sampel kelas yang digunakan ialah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu puposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, respon siswa dan keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan 1) uji intrumen dala penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, 2) uji N-Gain, 3) uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, 4) uji hipotesis menggunakan uji mann whitney U, Respon siswa menggunakan persentase dan keterlaksanaan model pembelajaran menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil yang didapat pada uji hipotesis pada tabel nilai sig.(2-tailed) = 0.002 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, menujukkan bahwa ada pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Phet Simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung, (2) Hasil analisis memperoleh presentase respon siswa sebesar 74,71%, yang menujukkan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bah wa ada Respon siswa pada Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan PhET Simulation terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung, (3) Hasil penelitian diperoleh 97% yang menunjukkan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa ada keterlaksanaan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan PhET Simulation terhadap Kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Getaran dan Gelombang kelas VIII MTsN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211005 BINTI ULFA LAILATUL ROSIDAH
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:00
Last Modified: 22 Jul 2025 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59835

Actions (login required)

View Item View Item