BINTI MAR'ATUS SHOLIHAH, 126209212065 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE WORDWALL GAME DALAM ASESMEN PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis website wordwall game Dalam Asesmen Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek” yang ditulis oleh Binti Mar’atus Sholihah, NIM. 126209212065, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd.. Kata kunci: Media Pembelajaran, Wordwall, Keanekaragaman Hayati Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu penyampaian materi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Evaluasi asesmen pembelajaran yang dilakukan secara terus berkelanjutan tentu akan membuat siswa merasa jenuh apabila tidak diselingi media yang lebih inovatif dan menarik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk malakukan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall game sebagai alat evaluasi asesmen pembelajaran khususnya pada materi keanekaragaman hayati. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall game dalam asesmen pembelajaran keanekaragaman hayati pada siswa kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek? 2) Bagaimana hasil kevalidan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall game dalam asesmen pembelajaran keanekaragaman hayati pada siswa kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek? 3) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall game dalam asesmen pembelajaran keanekaragaman hayati pada siswa kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek? 4) Seberapa besar tingkat keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall game dalam asesmen pembelajaran keanekaragaman hayati pada siswa kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall game, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kelayakan, dan keefektifan produk media pembelajaran interaktif wordwall setelah diterapkannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI SMAN 1 Karangan Trenggalek. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen validasi, analisis kebutuhan, dan respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji-T hipotesis, dan uji N-gain dengan perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 26 for windows. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima langkah utama yang meliputi analysis, desaign, development, implementation, dan evaluation. 2) hasil kevalidan produk media pembelajaran mendapatkan kriteria valid tanpa revisi dengan rata-rata persentase 91% dari ahli media, 95% dari ahli materi, dan 94% dari validitas soal posttest. Hasil uji validitas instrumen angket respon siswa dan soal tes juga mendapatkan kriteria valid dengan nilai Rhitung > Rtabel. 3) kelayakan media pembelajaran dilihat dari hasil validitas ahli dan validitas kontruk dari ketiga tim validator dimana berdasarkan hasil uji tersebut media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall game dinyatakan layak digunakan dengan sedikit revisi. 4) keefektifan media pembelajaran dilihat dari hasil tes siswa pada kelas eksperiman yang memperoleh 73% dengan kategori cukup efektif dan ketuntasan nilai tes yang memperoleh persentase 92%. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209212065 BINTI MAR'ATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |