WILZANAZA AMIRUL SIFA', 12211193023 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DAN PEMBENTUKAN BAYANGAN KELAS VIII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya dan Pembentukan Bayangan Kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Wilzanaza Amirul Sifa', NIM. 12211193023 dengan pembimbing Muhammad Luqman Hakin Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya dan pembentukan bayangan. Proses pembelajaran yang masih bersifat teacher-centered belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan penguasaan konsep secara optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah kontekstual secara kolaboratif. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup tiga hal yaitu: (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung?. Ketiga rumusan masalah ini menjadi dasar dalam menyusun tujuan dan arah analisis dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yang terbagi dalam dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran teacher-centered. Instrumen penelitian berupa soal uraian untuk kemampuan berpikir kritis dan soal pilihan ganda untuk hasil belajar. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney U untuk hipotesis pertama dan kedua, serta uji Kruskal-Wallis Multivariat untuk menguji hipotesis ketiga secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05); (2) Model PBL juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05); dan (3) Secara simultan, model PBL memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis sekaligus hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193023 WILZANAZA AMIRUL SIFA' |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:05 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |