ANALISIS PEMANFAATAN KOLEKSI DISABILITAS SEBAGAI MEDIA PENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN OLEH GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MARSUDI UTOMO KESAMBEN BLITAR

NAILA LIVIA HANUM, 126310212040 (2025) ANALISIS PEMANFAATAN KOLEKSI DISABILITAS SEBAGAI MEDIA PENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN OLEH GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MARSUDI UTOMO KESAMBEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemanfaatan Koleksi Disabilitas Sebagai Media Penunjang Kegiatan Pembelajaran Oleh Guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Marsudi Utomo Kesamben Blitar” ini ditulis oleh Naila Livia Hanum, NIM. 126310212040, dengan pembimbing Ibu Arin Prajawinanti, S.Sos., M.A. Kata kunci: Pendidikan inklusif, koleksi disabilitas, pemanfaatan koleksi, sekolah luar biasa. Ketersediaan koleksi bahan ajar yang sesuai merupakan elemen penting dalam pendidikan inklusif, namun pemanfaatannya oleh guru masih menghadapi kendala seperti keterbatasan jumlah dan variasi koleksi, perbedaan kemampuan tiap siswa, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan koleksi disabilitas oleh guru bagi siswa disabilitas di SLB Marsudi Utomo Kesamben, serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dan solusi dari kendala tersebut yang memengaruhi efektivitas penggunaannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional yang menekankan bagaimana guru sebagai aktor mengambil keputusan berdasarkan manfaat dan keterbatasan sumber daya yang tersedia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dengan empat informan yang meliputi kepala sekolah, guru tuna rungu, guru tuna grahita dan guru anak autis, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan koleksi disabilitas sebagai alat bantu visual, media interaktif, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penggunaan koleksi ini terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi serta mendukung perkembangan keterampilan kognitif, motorik, dan sosial mereka. Meskipun terdapat kendala dalam pemanfaatan koleksi, guru berupaya mengatasi hambatan tersebut dengan membuat bahan ajar mandiri dan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia. Studi ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran inklusif melalui optimalisasi pemanfaatan koleksi disabilitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310212040 NAILA LIVIA HANUM
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:35
Last Modified: 23 Jul 2025 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59916

Actions (login required)

View Item View Item