PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG

LIZA NUR KHOIRU NIKMAH, 126209212058 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (575kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Canva Pada Siswa Kelas VII MTs Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Liza Nur Khoiru Nikmah; NIM 126209212058, Pembimbing Skripsi; Bagus Setiawan, M.Pd., NIDN 2015038801 Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, Canva Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan IPTEK di era globalisasi, khususnya dalam bidang pendidikan. Namun, kemajuan tersebut belum diimbangi dengan pemanfaatan media pembelajaran yang optimal. Di mts Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung, hasil observasi pada tanggal 21 april 2025 menunjukkan kurangnya penggunaan media, kejenuhan siswa terhadap materi, dan rendahnya pemahaman mereka. Untuk mengatasi hal ini, media pembelajaran berbasis video animasi melalui aplikasi canva dinilai efektif meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pemberdayaan masyarakat pada mata pelajaran IPS kelas VII Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa MTs Miftahul Huda Karangsono Ngunut, (2) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi canva pada materi pemberdayaan masyarakat siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Karangsono Ngunut, (3) untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi canva pada materi pemberdayaan masyarakat siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Karangsono Ngunut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. Teknik pengumpulan data yaitu data kelayakan yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kebutuhan peserta didik, kelayakan media, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dengan aplikasi canva melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil kevalidan bahwa media tersebut valid (kevalidan:80% dari ahli media dan 96,1% dari ahli materi), Praktis (kepraktisan: 90% dari angket guru dan 87,5% dari observasi guru), efektif (keefektifan: ketuntasan belajar 83,3% pada skala kecil dan 85,71% pada skala besar, respon siswa 92,4% dan 86,38%). Dengan demikian, media dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209212058 LIZA NUR KHOIRUNIKMAH
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:43
Last Modified: 23 Jul 2025 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59924

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item