IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMK ISLAM 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

MILADIATUL LAYLIA, 126201212102 (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMK ISLAM 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Laylia, Miladiatul. 2025. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2023/2024”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Sukarji, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Kualitas Pembelajaran PAI Konteks penelitian ini adalah pentingnya kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang efektif dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa, terutama dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan pada pembelajaran yang lebih fleksibel dan berorientasi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan hambatan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2023/2024. 4) Mendeskripsikan hasil implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti sebagai instrumen kunci dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap kumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data mengguankan triangulasi sumber data, ketekunan pengamatan, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan pelaksanaannya dimulai dari pembelajaran intrakurikuler dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. 2) Hambatan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan yaitu: adaptasi guru, keterbatasan sarana dan prasarana, dan keterbatasan anggaran dana. 3) Solusi untuk mengatasi hambatan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan yaitu: memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan melibatkan peran kepemimpinan sekolah dalam pengelolaan sumber daya. 4) Aspek kualitas pembelajaran PAI dalam implementasi Kurikulum Merdekaxvi Belajar di SMK Islam 1 Durenan yaitu mencakup pada aspek kognitif (terdapat peningkatan nilai, menunjukkan pemahaman konsep yang lebih baik, kemampuan menerapkan konsep dalam konteks praktis, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran), afektif (siswa menunjukkan minat dan motivasi yang tinggi dalam mengikuti pelajaran), dan psikomotorik (Dengan kegiatan presentasi dan praktik ibadah dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan aspek psikomotorik siswa yang relevan dengan kebutuhan siswa dalam membentuk karakter yang baik)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212102 MILADIATUL LAYLIA
Date Deposited: 26 Jul 2025 01:20
Last Modified: 26 Jul 2025 01:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60028

Actions (login required)

View Item View Item