AGUSTINA NURUL HIDAYAH, 126402211003 (2025) PREFERENSI MASYARAKAT PADA PRODUK HALAL DI PASAR TRADISIONAL SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (751kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Preferensi Masyarakat Pada Produk Halal Di Pasar Tradisional Srengat Kabupaten Blitar" ini ditulis oleh Agustina Nurul Hidayah, NIM. 126402211003, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Kata Kunci: produk halal, pasar, preferensi masyarakat Penelitian ini dilatar belakangi sebuah fenoma masyarakat yang kini semakin sadar akan pentingnya produk halal, tidak hanya sebagai kewajiban agama tetapi juga sebagai jaminan kebersihan dan keamanan. Di pasar tradisional, preferensi terhadap produk halal semakin meningkat, terutama untuk kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman. Konsumen cenderung memilih pedagang yang dapat menjamin kehalalan produk, meskipun belum bersertifikat resmi. Hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pedagang pasar tradisional untuk meningkatkan kualitas dan daya saing di tengah tuntutan konsumen yang semakin selektif. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) tingkat kesadaran pedagang produk halal, (2) kendala yang dihadapi pedagang produk halal, dan (3) faktor-faktor yang efektif mendorong pedagang produk halal di pasar tradisional Srengat Blitar. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diteliti adalah dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data dan pengecekan keabsahan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat kesadaran pedagang produk halal pasar tradisional Srengat Blitar dalam menjaga peningkatkan preferensi masyarakat adalah memiliki tingkat kesadaran tinggi dalam menjual produknya. (2) Kendala pedagang produk halal pasar tradisional Srengat Blitar dalam menjaga peningkatkan preferensi masyarakat adalah kurangnya pemahaman prosedur sertifikasi halal dan persaingan supermarket dan pasar modern. (3) Faktor pendorong pedagang produk halal pasar tradisional Srengat Blitar dalam menjaga peningkatkan preferensi masyarakat adalah dukungan sertifikasi halal, menjaga kualitas produk, pemilihan lokasi, promosi sosial media serta harga diskon
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Masyarakat Islam Ekonomi > Pasar Ekonomi > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402211003 AGUSTINA NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 03:05 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |