ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SPLDV PADA SISWA KELAS IX MTs DARISSULAIMANIYAH TRENGGALEK DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI)

FATIMATUS ZAHROH, 126204212108 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SPLDV PADA SISWA KELAS IX MTs DARISSULAIMANIYAH TRENGGALEK DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, termasuk dalam penguasaan matematika. Salah satu tujuan utama pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang membutuhkan pemahaman konsep aljabar sebagai dasar. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan tersebut adalah gaya kognitif siswa, khususnya gaya kognitif Field Independent (FI), yang ditandai dengan kecenderungan siswa untuk menganalisis informasi secara mandiri dan rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam pemecahan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Darissulaimaniyah Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes GEFT (Group Embedded Figures Test) untuk mengidentifikasi gaya kognitif FI. Data dikumpulkan melalui tes tulis, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dijaga melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI mampu menjalani seluruh tahap pemecahan masalah SPLDV dengan baik, mulai dari memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, hingga memeriksa kembali hasil. Subjek dapat mengidentifikasi informasi penting, menyusun model matematika, melakukan langkah-langkah perhitungan secara sistematis, dan memeriksa kembali hasil dengan cermat. Penelitian ini menegaskan bahwa gaya kognitif Field Independent berkontribusi positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara mandiri dan terstruktur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212108 FATIMATUS ZAHROH
Date Deposited: 26 Jul 2025 03:10
Last Modified: 26 Jul 2025 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60052

Actions (login required)

View Item View Item