MOCH. YUSUF, 126402203203 (2024) PERAN MARKETPLACE SHOPEE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM PERALATAN RUMAH TANGGA DI TOKO LANCAR JAYA 67 DESA DOMASAN KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (837kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Marketplace Shopee Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Peralatan Rumah Tangga Di Toko Lancar Jaya 67 Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung” yang diteliti oleh Moch. Yusuf, NIM. 126402203203, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Suminto, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya Marketplace Shopee memiliki dampak cukup baik terhadap UMKM seperti Toko Lancar Jaya 67 di Desa Domasan khususnya dalam meningkatkan penjualan produk peralatan rumah tangga. Toko Lancar Jaya 67 mungkin menghadapi tantangan akses pasar yang terbatas. Namun, melalui platform Shopee, Toko Lancar Jaya 67 dapat memperluas jangkauan pasar secara nasional. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran platform transaksi Marketplace Shopee dalam meningkatkan penjualan produk UMKM peralatan rumah tangga di Toko Lancar Jaya 67 Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana peran informasi produk Marketplace Shopee dalam meningkatkan penjualan produk UMKM peralatan rumah tangga di Toko Lancar Jaya 67 Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 3) Bagaimana peran inovasi dan kompetisi Marketplace Shopee dalam meningkatkan penjualan produk UMKM peralatan rumah tangga di Toko Lancar Jaya 67 Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data mengunakan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah 1) Peran platform transaksi Marketplace dalam meningkatkan penjualan produk UMKM peralatan rumah tangga pada Toko Lancar Jaya 67 adalah peningkatan volume penjualan, jangkauan pasar yang lebih luas, kemudahan transaksi dan kepuasan pelangan, efisiensi biaya dan waktu, dan strategi pemasaran dan promosi. 2) Peran informasi produk Marketplace dalam meningkatkan penjualan produk UMKM peralatan rumah tangga pada Toko Lancar Jaya 67 adalah kelengkapan informasi produk, pengaruh ulasan dan rating produk, visualisasi produk, strategi penulisan deskripsi produk, dan feedback dari pelanggan mengenai informasi produk. 3) Peran inovasi dan kompetisi Marketplace Shopee dalam meningkatkan penjualan produk UMKM peralatan rumah tangga pada Toko Lancar Jaya 67 adalah pengembangan produk dan layanan, adaptasi terhadap tren pasar, analisis kompetitor, strategi harga, dan diferensiasi produk. Kata Kunci: Marketplace, Penjualan, UMKM
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > E-Commerce Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402203203 MOCH. YUSUF |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |