PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS V MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ULFA AYU AININ SUFIYA, 2817133I94 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS V MI IRSYADUT THOLIBIN TUGU REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (680kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Rejotangan Tulungagung”ini ditulis oleh Sufiya, Ulfa Ayu Ainin NIM. 2817133194, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Susanto, M.Pd. Kata Kunci: Make A Match, Flash Card, Hasil Belajar, Bahasa Inggris. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris di MI Irsyadut Tholibin, Rejotangan Tulungagung. Berdasarkan hasil observasi awal permasalahan tersebut disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariatif bagi peserta didik, sehingga peserta didik menjadi lebih cepat bosan dan kurang aktif selama proses pembelajaran. Tentu saja hal tersebut menyebabkan hasil belajar peserta didik yang rendah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match yang dikembangkan dengan media Flash Card pada mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Shapes Kelas V MI Irsyadut Tholibin, Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Shapes melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match yang dikembangkan dengan media Flash Card pada peserta didik Kelas V MI Irsyadut Tholibin, Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Shapes melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match yang dikembangkan dengan media Flash Card pada peserta didik Kelas V MI Irsyadut Tholibin, Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk menggali data tentang hasil belajar peserta didik. Sedangkan observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Inggris, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru serta keaktifan peserta didik. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Akhirnya dalam refleksi I dan II data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui apakah indikator yang telah ditentukan sebelumnya sudah dipenuhi apa tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match yang dikembangkan dengan media Flash Card dengan langkah-langkahnya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris meningkat dari Siklus I ke Siklus II yaitu pada Siklus I keaktifan peserta didik mencapai taraf keberhasilan 80% dengan kriteria baik dan pada Siklus II keaktifan peserta didik mencapai taraf keberhasilan 95% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik meningkatkan, yaitu pada Pre Test rata-rata peserta didik yaitu 44,37 dengan ketuntasan belajar 4,17%, meningkat pada Siklus I rata- rata peserta didik 74,37 dengan ketuntasan belajar pada Siklus I 70,83%. Hasil belajar peserta didik meningkat pada Siklus II yaitu dengan rata-rata 96 dengan ketuntasan belajar 100%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik Kelas V MI Irsyadut Tholibin, Tugu Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133I94 ULFA AYU AININ SUFIYA
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:02
Last Modified: 13 Sep 2017 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item