PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FAIZ SHOFIYYUL FUAD, 12204173130 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Pemahaman Konsep Segitiga dan Segiempat Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Faiz Shofiyyul Fuad, NIM. 12204173130; pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Anchored Instruction, Pemahaman Konsep Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pembelajaran konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru. Dimana dalam proses pembelajarannya kegiatan siswa cenderung mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan tugas. Keadaan tersebut menjadikan siswa kurang antusisas dalam kegiatan pembelajaran, akibatnya siswaa menjadi pasif. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal dan dalam penguasaan pemahaman konsep siswa banyak yang belum memahami. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran Anchored Instruction merupakan suatu model pembelajaran yang menuntuk siswa aktif di kelas dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Dimana model pembelajaran Anchored Instruction merupakan model pembelajaran yang menggunakan bantuan multimedia yang menjadikan pembelajaran lebih menarik dan memudahkan siswa memahami pembelajaran, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Pemahaman Konsep Segitiga dan Segiempat Siswa; (2) Untuk mengetahui besar pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Pemahaman Konsep Segitiga dan Segiempat Siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII B sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction dan kelas VII C sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji t dan effect size dengan rumus cohen’s kappa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh model pembelajaran anchored instruction terhadap pemahaman konsep segitiga dan segiempat siswa. Dengan hasil uji independent t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,002; (2) Besar pengaruh model pembelajaran anchored instruction terhadap pemahaman konsep segitiga dan segiempat siswa. Dihitung dengan menggunakan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s kappa yaitu sebesar 0,89 yang berarti model pembelajaran anchored instruction berpengaruh sangat kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173130 MUHAMMAD FAIZ SHOFIYYUL FUAD
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:47
Last Modified: 04 Aug 2025 07:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60409

Actions (login required)

View Item View Item