METODE HANIFIDA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN (Studi Kasus di TK Al Khodijah Serut Tulungagung)

DEWI AYU ANJARSARI, 126206202032 (2024) METODE HANIFIDA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN (Studi Kasus di TK Al Khodijah Serut Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Hanifida dalam Menghafal Asmaul Husna pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus di TK Al Khodijah Serut Tulungagung)” yang ditulis oleh Dewi Ayu Anjarsari NIM 126206202032. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Ahmad Mushlih, M.Pd Kata Kunci: Metode Hanifida, Asmaul Husna, Anak Usia 4-6 tahun Penelitian ini didasarkan pada konteks penelitian tentang implementasi metode hanifida dalam menghafal asmaul husna pada anak usia dini yang belum banyak diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini. Penerapan metode hanifida dilakukan untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal dan memahami setiap makna Asmaul Husna, selain itu peserta didik diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi metode hanifida dalam menghafal Asmaul Husna pada anak usia 4-6 tahun? (2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Hanifida dalam menghafal Asmaul Husna pada anak usia 4-6 tahun? (3) Bagaimana tindakan guru dalam mengatasi faktor penghambat implementasi metode Hanifida dalam menghafal Asmaul Husna pada anak usia 4-6 tahun?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian : (1) Implementasi metode hanifida dalam menghafal asmaul husna untuk mengembangkan menghafal Asmaul Husna pad anak usia 4-6 tahun di TK Al Khodijah Serut yaitu penyusunan perangkat pembelajaran dalam menentukan materi metode yang digunakan serta penilaian yang akan digunakan oleh guru sebelum pembelajaran berlangsung, (2) Faktor pendukung berupa motivasi dalam diri siswa dan motivasi dari orangtua, sedangkan faktor penghambat implementasi metode Hanifida dalam menghafal Asmaul Husna pada anak usia 4-6 tahun ada dua yaitu secara internal dan eksternal berupa konsentrasi yang kurang dan keterbatasan waktu dalam menerapkan metode hanifida. (3) Tindakan guru dalam mengatasi faktor penghambat implementasi metode Hanifida dalam menghafal Asmaul Husna pada anak usia 4-6 tahun adalah dengan cara pengulangan materi secara bertahap atau dengan metode sorogan Asmaul Husna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202032 DEWI AYU ANJARSARI
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:05
Last Modified: 04 Aug 2025 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60419

Actions (login required)

View Item View Item