PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SMP/MTS KELAS VII

MOHAMMAD RIZAL SUKMA, 2814133119 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SMP/MTS KELAS VII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Modul dengan Pendekatan Open-Ended Materi Garis dan Sudut untuk SMP/MTs Kelas VII” ini ditulis oleh Mohammad Rizal Sukma, NIM. 2814133119, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eny Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Open-Ended, Garis dan Sudut Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar matematika berupa modul matematika dengan pendekatan open-ended materi garis dan sudut untuk SMP/MTs kelas VII. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi hasil wawancara peneliti dengan guru setempat didapatkan hasil bahwa mayoritas peserta didik kurang percaya diri dalam belajar, sehingga ketika ujian peserta didik mencontek peserta didik lain yang dianggap pandai, oleh karena alasan itulah pengembang berasumsi bahwa pengembangan bahan ajar modul dengan pendekatan open-ended sangat cocok diterapkan. Metode dalam pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana produk pengembangan modul matematika materi garis dan sudut dengan pendekatan open-ended ini menjadi produk yang valid dan efektif ?, dan (2) Bagaimana tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan produk pengembangan modul matematika materi garis dan sudut dengan pendekatan open-ended dalam pembelajaran di kelas?. Hasil validitas dari pakar bahan ajar mendapatkan persentase 69,5%, pakar open-ended 69,5%, dan praktisi lapangan 85%, dari pakar bahan ajar dan pakar open-ended mendapatkan kriteria cukup valid/tidak perlu revisi dan dari praktisi lapangan mendapatkan kriteria valid/tidak perlu revisi dan siap untuk uji coba lapangan. 1) Setelah uji coba lapangan peneliti mendapatkan data yang kemudian dianalisis menggunakan kriteria ketuntasan belajar klasikal. Setelah data dianalisis, diperoleh persentase sebesar 76,67% dan mendapat kriteria baik, hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan bahan ajar modul dengan pendekatan open-ended merupakan produk pengembangan efektif. 2) tanggapan dari guru dan siswa cukup baik. Pembelajaran dengan menggunakan modul yang dikembangkan cukup menarik, anak sudah lebih percaya diri untuk menyelesaikan soal, Modul yang dikembangkan juga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal, Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu terdapat pada soal, dan pemberian tugas. Selain mendapatkan tanggapan yang positif dari guru, modul yang dikembangkan juga mendapatkan tanggapan yang negatif yaitu mengenai penjelasan materi yang di rasa kurang. Sehingga guru menyarankan untuk menambahkan materi pada modul yang dikembangkan.Sementara, tanggapan dari siswa secara umum siswa merasa bersemangat ketika mengikuti pembelajaran dengan modul matematika dan menurut siswa modul matematika dengan pendekatan open-ended ini menarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133119 MOHAMMAD RIZAL SUKMA
Date Deposited: 15 Sep 2017 03:07
Last Modified: 15 Sep 2017 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item