STUDI KASUS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP REMAJA DI DUSUN RANDU ASRI KABUPATEN SIDOARJO

RIDHO CHARLES TANARA DINATA, 12306193015 (2025) STUDI KASUS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP REMAJA DI DUSUN RANDU ASRI KABUPATEN SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Game online merupakan kegiatan yang biasa dilakukan seseorang yang berhubung dengan internet. Game online merupakan hiburan ketika merasa bosan dari kegitan sehari-hari, baik kegiatan belajar maupun kegiatan lainnya. Game online memiliki dampak positif dan negatif bagi remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari game online terhadap remaja di Dusun Randu Asri Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini ialah menggunakan studi kasus (case study) yang merupakan dari bagian metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, seperti wawancara, observasi yang dituliskan dalam catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif game online dapat meningkatan konsentrasi, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, dan secara psikologis dapat mengusir stres. Subjek penelitian memiliki konsentrasi yang baik dipengaruhi kebiasaan bermain game online. Subjek penelitian memilki kemampuan bahasa Inggris baik dipengaruhi game online berbahasa Inggris sehingga subjek terbiasa mendengar dan membaca dalam bahasa Inggris. Subjek penelitian menghilangkan stres dengan bermain game online. Untuk dampak negatif game online pada fisik, subjek mengalami sakit mata karena terlalu lama bermain game online dan badan mudah lelah karena terlalu lama duduk. Selain itu subjek penelitian juga kurang sehat karena terlalu sering begadang untuk bermain game online. Dampak gangguan mental pada subjek adalah munculnya adrenalin untuk melakukan tindak kekerasan seperti pada game yang dimainkan. Dampak sosial dari game online, subjek cenderung menghindar dari hubungan sosial dengan orang lain, bagi subjek orang lain mengganggunya saat bermain game online. Dampak akademik dan pengaruh terhadap perkembangan karakter subjek adalah menurunnya prestasi akademik karena menganggap akademik tidak penting, sehingga karakter subjek menjadi orang yang tidak disiplin dan tidak menghargai waktu. Kata Kunci: Game online, Remaja

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193015 RIDHO CHARLES TANARA DINATA
Date Deposited: 12 Aug 2025 00:53
Last Modified: 12 Aug 2025 00:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60742

Actions (login required)

View Item View Item