CHUSNUN NISAK, 126206211005 (2025) PENGEMBANGAN APE ULAR TANGGA PIBAJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA PARE. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Nisak, Chusnun. 2025. “Pengembangan APE Ular Tangga Pibaja untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Pare”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Ahmad Mushlih, M.Pd. Kata kunci: APE, Kemampuan Bahasa Jawa, Anak Usia 5-6 Tahun Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan APE Ular Tangga Pibaja anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pare. Alat permainan edukatif berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai alat untuk mengajak anak bermain sambil belajar. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh bahwa kemampuan berbahasa Jawa krama anak usia dini masih rendah, karena kebiasaan sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa ngoko. Maka dibutuhkan solusi yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan menyediakan alat permainan edukatif tambahan sebagai alat baru yang dapat mendukung tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Menghasilkan APE untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa anak usia 5-6 tahun berdasarkan model pengembangan ADDIE, 2) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan alat permainan edukatif Ular Tangga Pibaja untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pare, 3) Mendeskripsikan keefektivan alat permainan edukatif Ular Tangga Pibaja untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada jenis pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Uji coba dilaksanakan sebanyak 2 kali, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Pada uji coba kelompok besar dilakukan pengisian angket untuk memperoleh hasil kemenarikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) APE berupa Ular Tangga Pibaja untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa anak usia 5-6 tahun berdasarkan model pengembangan ADDIE, 2) Kelayakan APE Ular Tangga Pibaja meliputi ahli media 90,86% (sangat valid), ahli materi 79,68% (cukup valid), ahli bahasa 87,5% (sangat valid), kemenarikan produk 91,33% (sangat menarik), 3) Keefektifan APE Ular Tangga Pibaja pada hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 92,85% dan pada hasil uji coba kelompok besar 90,82%. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa permainan yang dikembangkan layak dijadikan sebagai alat permainan edukatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206211005 CHUSNUN NISAK |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:11 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |