NINING AYU SETIYOWATI, 126201211061 (2025) KREATIVITAS GURU AL-QUR'AN HADIS DALAM MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI GUNA MENINGKATKAN DAYA MENGHAFAL HADIS PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadis dalam Menggunakan Metode Bernyanyi Guna Meningkatkan Daya Menghafal Hadis Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nining Ayu Setiyowati, NIM. 126201211061, dengan pembimbing Bapak Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Metode Bernyanyi, Menghafal Hadis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di sekolah kerap kali dijumpai peserta didik yang merasa kurang berminat pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Di antara faktor yang menjadi penyebabnya adalah adanya anggapan bahwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis membosankan karena sebagian besar materinya berupa menghafal. Ketika menghadapi materi hafalan yang cukup panjang dan sulit, peserta didik cenderung kehilangan fokus dan motivasinya dalam belajar. Juga, karena materi yang berbasis mengingat atau menghafal pada dasarnya memang memerlukan kemampuan khusus oleh setiap individu peserta didik. Oleh karenanya, diperlukan adanya perbaikan metode dan kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) mendeskripsikan kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam merencanakan penggunaan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung; (2) mendeskripsikan kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam melaksanakan penggunaan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung; (3) mendeskripsikan kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam mengevaluasi penggunaan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung; dan (4) mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam menggunakan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang menganalisis data dalam langkah: pengumpulan data (data collection), penyajian data (data display), kondensasi data (data condensation), dan penarikan kesimpulan (conclusions: drawing/verivying). Sedangkan, pengecekan keabsahan data menggunakan: uji kredibilitas (credibility) dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam merencanakan penggunaan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) kreativitas guru Al-Qur’an Hadis memahami materi dan mengkomunikasikannya kepada peserta didik, b) kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam memilih lagu, c) kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam menyusun materi dan konsep berupa lirik lagu yang sesuai dengan mood lagu, dan d) kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam menyanyikan lagu dan menggunakan media alat bantu visual. (2) Kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam melaksanakan penggunaan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) kegiatan awal, b) kegiatan tambahan, dan c) kegiatan pengembangan. (3) Kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam mengevaluasi penggunaan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) kegiatan refleksi dan b) ulangan lisan. (4) Faktor pendukung kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam menggunakan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) guru yang profesional, b) metode bernyanyi mudah diikuti peserta didik, dan c) antusias peserta didik. Sedangkan, faktor penghambat kreativitas guru Al-Qur’an Hadis dalam menggunakan metode bernyanyi guna meningkatkan daya menghafal hadis peserta didik di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) peserta didik kurang percaya diri dan b) keterbatasan kemampuan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211061 NINING AYU SETIYOWATI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:49 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |