KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU (Study Squential Exploratory Mixed Method di SMPN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)

HILMAN HILMAWARMAN, 1880501230002 (2025) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU (Study Squential Exploratory Mixed Method di SMPN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru (Study Squential Exploratory Mixed Method di SMPN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)” Tesis ini ditulis oleh Hilman Hilmawarman dengan pembimbing Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. dan Prof. Dr. Abd Aziz, M.Pd. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kebijakan Kepemimpinan, SMPN 1, MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan strategis dalam peningkatan profesionalisme dan kinerja guru guna mendukung mutu pendidikan. Namun dalam praktiknya, banyak guru menghadapi hambatan seperti keterbatasan pelatihan, beban administrasi, serta lemahnya dukungan dari kepala sekolah. Penelitian ini memfokuskan pada gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru dengan melalui pengembangan profesional guru dan kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dengan cara pembentukan disiplin dan tata tertib guru agar dapat mencapai visi dan misi yang di inginkan serta pengaruh kepemimpinan dan peningkatan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, (2) kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, (4) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (5) pengaruh peningkatan profesionalismeguruterhadapkinerjaguru,dan(6)pengaruhkepemimpinandanpeningkatan profesionalismeguruterhadapkinerjagurudiSMPN1KotaKediridanMTsN2KotaKediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method jenis sequential exploratory. Pendekatan kualitatif digunakan terlebih dahulu untuk menggali data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di SMPN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri, yang kemudian dilanjutkan dengan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis secara statistik terhadap 100 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di kedua lembaga menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif, transformasional, reflektif, dan kolaboratif. Adapun kebijakan pengembangan guru berbasis data, pemberian ruang inovasi, serta penguatan moral menjadi instrumen penting dalam peningkatan profesionalisme dan kinerja guru. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah (t = 3,992) dan profesionalisme guru (t = 5,113) > t tabel (1,984) yang berarti berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan (F = 19,666; signifikansi 0,000) > F tabel (3,020. Nilai Adjusted R² sebesar 0,274 menunjukkan bahwa kombinasi kepemimpinan dan profesionalisme berpengaruh sebesar 27,4% terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Kinerja Pegawai
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501230002 HILMAN HILMAWARMAN
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:25
Last Modified: 12 Aug 2025 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60871

Actions (login required)

View Item View Item