MAHRISA KHOIROTIN NISA, 126204212141 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING MELALUI GAME EDUKASI WORDWALL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text
DAFFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Melalui Game Edukasi Wordwall pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” ini ditulis oleh Mahrisa Khoirotin Nisa’, NIM. 126204212141, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Wordwall, Relasi dan Fungsi Pembelajaran Matematika di SMP seringkali dihadapkan pada permasalahan terkait kurangnya penguasaan konsep siswa terkait materi yang diajarkan. Penggunaan media pembelajaran berbentuk game dapat menciptakan proses pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga diharap dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belahar siswa. Salah satu game edukasi yang dapat digunakan pada proses pembelajaran adalah wordwall. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan media evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning melalui game edukasi wordwall pada materi relasi dan fungsi (2) untuk mengetahui kepraktisan media evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning melalui game edukasi wordwall pada materi relasi dan fungsi (3) untuk mengetahui keefektifan media evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning melalui game edukasi wordwall pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H dan VIII I SMPN 2 Kademangan, Blitar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan tes. Teknik analisi data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan, keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini memperoleh beberapa hasil: (1) Kevalidan media evaluasi pembelajaran dari validasi media dan materi berturut-turut memperoleh presentase 81% dan 88%, artinya media valid dan dapat dilakukan untuk uji coba. (2) Kepraktisan media evaluasi pembelajaran dari hasil angket respon guru dan hasil observasi guru memperoleh presentase yang sama yaitu 87,5%, artinya media praktis untuk digunakan sesuai kriteria kepraktisan. (3) Keefektian media evaluasi pembelajaran dari hasil observasi siswa memperoleh presentase 80%, hasil angket respon siswa sebesar 84%, hasil ketuntasan klasikal dari tes uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berturut-turut sebesar 80% dan 84% artinya media pembelajaran wordwall efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212141 MAHRISA KHOIROTIN NISA' |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:50 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |